Bule Korban Pungli, Miss Global Estonia: Polisi Korup

Sabtu, 21 Mei 2022 – 06:02 WIB
Bule Korban Pungli, Miss Global Estonia: Polisi Korup - JPNN.com Sultra
Miss Global Estonia 2022 Valeria Vasilieva bikin heboh dengan menuduh polisi buruk saat dirinya menjadi korban pungutan liar. Foto Instagram

sultra.jpnn.com, BALI - Valeria Vasilieva bikin heboh. Miss Global Estonia 2022 itu menuduh polisi Indonesia berperilaku buruk. Bahkan dia menuding kebiasaan polisi korup itu memeras uang para wisatawan asing yang kedapatan tidak membawa surat perjalanan.

"(Jika kalian tidak membawa surat perjalanan lengkap), para polisi korup ini akan menghabiskan semua uang yang kalian punya. Semoga beruntung,” kata Valeria seperti yang dilansir JPNN Bali, Jumat (20/5).

Tuduhan Valeria Vasilieva ini disampaikan lewat video yang diunggah di media sosial. Perempuan cantik ini mengunggah video yang berisi pengakuan dirinya jadi korban pungutan liar (pungli) oleh oknum polisi Bali saat kena tilang.

“Kalau kalian ingin liburan ke Bali, siap-siap saja, karena polisi akan menghentikan kalian, di mana saja (dan) memeriksa dokumen yang kalian punya," katanya.

Video itu sontak mendapat komentar para netizen dan viral di media sosial. Namun, tak lama setelah video itu viral, Valeria lanjut mengunggah video berisi permintaan maaf.

Video viral ini ikut mengundang respons Kementerian hukum dan HAM (Kemenkumham) Bali.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Bali Anggiat Napitupulu mengatakan bahwa tuduhan Miss Global Estonia 2022 Valeria Vasilieva sulit dibuktikan kebenarannya.

Alasannya, Valeria Vasilieva, WNA yang merupakan Miss Global Estonia 2022 telah keluar Indonesia melalui Bali menggunakan maskapai Qatar Airways (QR 961) menuju Doha pada Selasa lalu (17/5).

Valeria Vasilieva menyatakan kebiasaan polisi korup itu memeras uang para wisatawan asing yang kedapatan tidak membawa surat perjalanan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News