Pantai Nirwana Kota Baubau Menuju Destinasi Primadona

Rabu, 25 Mei 2022 – 14:45 WIB
Pantai Nirwana Kota Baubau Menuju Destinasi Primadona - JPNN.com Sultra
Partai Nirwana Kota Baubau Menuju Destinasi Primadona. Foto Antara

sultra.jpnn.com, BAUBAU - Pantai Nirwana di Kota Baubau Provinsi Sulawesi Tenggara kini mulai dikembangkan menuju destinasi primadona. Selain keamanan dan kenyamanan wisatawan yang diutamakan, infrastruktur dan beberapa fasilitas kini mulai dipersiapkan.

Sekda Kota Baubau Rony Muchtar mengatakan Pemerintah Kota Baubau mengembangkan Pantai Nirwana menjadi destinasi wisata primadona, yang nyaman dan aman bagi setiap pengunjung yang datang.

"Pengembangan salah satu objek wisata populer di Baubau ini tidak hanya melibatkan Dinas Pariwisata setempat, melainkan beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) ikut andil di dalamnya," kata Sekda Kota Baubau Rony Muchtar melalui pesan WhatsApp yang diterima di Kendari, Selasa (14/5).

Rony Muchtar mengatakan beberapa OPD bisa dilibatkan misalnya pengaturan penarikan retribusi supaya lebih terukur, kemudian penataan kawasan parkir, serta penempatan personel polisi pamong praja di lokasi pantai.

"Untuk lebih baik dari sisi keamanan dan nyaman, kita harus ada penempatan personel Satpol PP perempuan yang punya wawasan pariwisata yang baik, mahir berbahasa asing (Inggris) dan punya keramahan untuk bisa membantu jika wisatawan membutuhkan informasi dengan Bahasa Inggris," ungkap Sekda Baubau.

Selain itu, terkait pengembangan Pantai Nirwana ini, Roni mengusulkan Dinas Kesehatan hadir melatih masyarakat di lokasi pantai supaya memiliki respons tinggi dalam pemberian pertolongan pertama pada kecelakaan.

"Karena tidak sedikit kasus-kasus terjadi di pantai yang membutuhkan pertolongan cepat, seperti insiden tenggelam, kejang otot bahkan tindak kekerasan menyebabkan pendarahan, sehingga selain kelompok sadar wisata yang diinisiasi Dinas Pariwisata, perlu juga ada kader kesehatan yang diinisiasi oleh Dinas Kesehatan," ungkapnya.

Tidak hanya itu kata Rony, OPD lainnya seperti Dinas Koperasi juga menginisiasi pembentukan koperasi yang anggotanya masyarakat di kawasan pantai.

Sekda Kota Baubau Rony Muchtar mengatakan Pemerintah Kota Baubau mengembangkan Pantai Nirwana menjadi destinasi wisata primadona
Facebook JPNN.com Sultra Twitter JPNN.com Sultra Pinterest JPNN.com Sultra Linkedin JPNN.com Sultra Flipboard JPNN.com Sultra Line JPNN.com Sultra JPNN.com Sultra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia