Listrik Untuk 18.377 Keluarga Miskin

Senin, 06 Juni 2022 – 08:51 WIB
Listrik Untuk 18.377 Keluarga Miskin - JPNN.com Sultra
Petugas PLN saat melakukan penyambungan listrik di rumah warga. Foto Antara

sultra.jpnn.com, KENDARI - PT PLN (Persero) memberikan bantuan biaya penyambungan listrik kepada 18.377 keluarga kurang mampu. Masyarakat yang kurang mampu ini tersebar di di wilayah tertinggal, terluar dan terdepan (3T) berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di seluruh Indonesia sepanjang 2021.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan listrik yang diberikan PLN pada bantuan ini berdaya 450 Volt Ampere (VA).

Penyaluran biaya penyambungan listrik tersebut merupakan bagian dari program Tangggung Jawab Sosial & Lingkungan (TJSL) PLN pada 2021, dengan total anggaran mencapai Rp 18,6 miliar.

"Program TJSL bertujuan untuk membantu masyarakat, di antaranya berupa pembinaan usaha dan memberikan bantuan biaya penyambungan listrik," kata Darmawan dalam keterangan persnya, Minggu (5/6).

Menurut dia, biasanya dalam menyediakan listrik PLN hanya berkewajiban membangun jaringan untuk memasok listrik ke rumah pelanggan. Sementara untuk pembuatan instalasi di dalam rumah dan biaya penyambungan listrik biasanya menjadi tanggung jawab pelanggan.

Namun, dengan adanya bantuan ini seluruh kewajiban masyarakat ditanggung PLN, hal tersebut memperlihatkan pemerintah selalu hadir bagi masyarakat tidak mampu.

"Tidak hanya menyambungkan listrik, bantuan tersebut meliputi pemasangan instalasi dan Standar Layak Operasi (SLO)," ujarnya.

Darmawan mengungkapkan, bantuan penyambungan listrik gratis ini merupakan bentuk pemenuhan kewajiban PLN dalam pemerataan kelistrikan di seluruh Indonesia, selain itu juga sebagai wujud hadirnya negara melalui akses energi.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan listrik yang diberikan PLN pada bantuan ini berdaya 450 Volt Ampere (VA).
Facebook JPNN.com Sultra Twitter JPNN.com Sultra Pinterest JPNN.com Sultra Linkedin JPNN.com Sultra Flipboard JPNN.com Sultra Line JPNN.com Sultra JPNN.com Sultra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia