Dukung Pariwisata di Baubau, Ini yang Dilakukan PLN

Senin, 13 Juni 2022 – 01:51 WIB
Dukung Pariwisata di Baubau, Ini yang Dilakukan PLN - JPNN.com Sultra
Ilustrasi - Suasana infrastruktur kelistrikan di Baubau, Buton, Sulawesi Tenggara yang mendpat aliran listrik perdana. Foto ANTARA

sultra.jpnn.com, BAUBAU - Perusahaan Listri Negara (PLN) turut berkontribusi atas pengembangan sektor pariwisata dan kelautan di Kota Baubau Provinsi Sulawesi Tenggara.

Langkah yang dilakukan adalah dengan menyediakan pasokan listrik bagi pelanggan dari pembangkit baru di Kota Baubau.

Hal itu ditandai dengan pemberian tegangan pertama oleh PLN Unit Induk Pembangunan (UIP) Sulawesi melalui PLN Unit Pelaksana Proyek Sulawesi Tenggara (UPP Sultra)(energize) pada tiga pembangkit baru di Baubau.

"PLN mengaliri listrik perdana pada tiga infrastruktur ketenagalistrikan untuk Gardu Induk (GI) 150 kilo Votl (kV) di Baubau," kata General Manager PLN UIP Sulawesi, Defiar Anis di Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (12/6).

Dia mengatakan, kegiatan tersebut untuk mendukung industri pariwisata dan kelautan di Pulau Buton sebagai bentuk komitmen PLN dalam menyediakan pasokan listrik yang andal bagi pelanggan.

Pembangunan ketiga infrastruktur ketenagalistrikan yang tertuang dalam RUPTL 2021 - 2030 tersebut di antaranya; Gardu Induk (GI) 150kV PLTMG Baubau berkapasitas 30 MVA, Gardu Induk (GI) 150kV Baubau (New) berkapasitas 60 MVA dan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150kV GI PLTMG Baubau – GI Baubau (New) dengan jumlah tower sebanyak 32 tower sepanjang 10,96 KMS.

"Dengan beroperasinya ketiga infrastruktur ketenagalistrikan ini, maka kegiatan ini sekaligus bertujuan mengoptimalkan evakuasi daya dari PLTU Baruta dan PLTMG Baubau," kata Anis.

Termasuk meningkatkan keandalan sistem Baubau, memenuhi kebutuhan listrik, serta mendukung pertumbuhan sektor pariwisata dan kelautan di Pulau Buton.

Langkah yang dilakukan adalah dengan menyediakan pasokan listrik bagi pelanggan dari pembangkit baru di Kota Baubau untuk mendukung sektor pariwisata
Facebook JPNN.com Sultra Twitter JPNN.com Sultra Pinterest JPNN.com Sultra Linkedin JPNN.com Sultra Flipboard JPNN.com Sultra Line JPNN.com Sultra JPNN.com Sultra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia