Hubungkan Pulau Muna dan Buton, PLN Bangun 277 Menara

Selasa, 20 September 2022 – 16:04 WIB
Hubungkan Pulau Muna dan Buton, PLN Bangun 277 Menara - JPNN.com Sultra
Hubungkan Pulau Muna dan Buton, PLN Bangun 277 Menara. Foto Antara

sultra.jpnn.com, KENDARI - PT PLN (Persero) merencanakan jaringan antara Pulau Muna dan Buton sudah terhubung pada semester pertama pada tahun 2023.

Saat ini, Unit Pembangunan Pembangkit (UPP) Kendari, Sulawesi Tenggara kini tengah membangun sebanyak 277 tower (menara) yang menghubungkan jaringan interkoneksi antara pulau Muna dan Pulau Buton, Sultra.

"PLN membangun tower sebanyak itu tidak lain untuk memberikan kemanfaatan bagi masyarakat yang ada di sekitar pembangunan jaringan transmisi Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 KV antara pulau di Raha Kabupaten Muna maupun di Kota Baubau di pulau Buton," kata Plh Manajer UPP Kendari Jufriadi Aljufri di Kendari, Selasa (20/9).

Dia mengatakan pembangunan jaringan transmisi antar pulau pertama di Sulawesi itu karena jaringan itu akan melintas di atas laut sepanjang lebih dari 1.100 meter atau (1,1 KM) dengan target pembangunan sudah selesai pada semester pertama di tahun 2023 mendatang.

Tak bisa dipungkiri, proses pembangunan tower yang cukup besar dan terbanyak di wilayah Sulawesi itu mengalami hambatan. Namun, kata Jufriadi yang didampingi bagian Humas PLN UIP Sulawesi Adha Priyatnadi, dengan kekompakan yang telah dibangun selama ini baik melibatkan pendamping dari pihak Kejaksaan, BIN dan Pemkab setempat sehingga semuanya berjalan dengan lancar dan aman.

Sebagai bentuk kepedulian PLN UIP Sulawesi melalui program PLN Peduli telah menyalurkan bantuan pembangunan dan pelatihan budi daya lobster guna meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di sekitar Pembangunan Infrastruktur Ketenagalistrikan (PIK) SUTT 150kV Raha – Baubau.

"Bantuan itu sudah dimanfaatkan oleh kelompok nelayan Bintang Laut yang berlokasi di Kelurahan Lowu-lowu Kecamatan Lea-Lea Kota Baubau, dan di Kabupaten Muna juga bantuan air bersih," ujar Adha.

Sebelumnya, salah satu kelompok nelayan bernama Iskandar mengatakan berkat program PLN Peduli, saat ini dia memiliki keahlian lain dalam mencari rezeki. Karena selain menjadi seorang petani sekarang dia merambah ke pembudidayaan lobster.

PT PLN (Persero) merencanakan jaringan antara Pulau Muna dan Buton sudah terhubung pada semester pertama pada tahun 2023.
Facebook JPNN.com Sultra Twitter JPNN.com Sultra Pinterest JPNN.com Sultra Linkedin JPNN.com Sultra Flipboard JPNN.com Sultra Line JPNN.com Sultra JPNN.com Sultra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia