Wahai Pecandu Narkoba, Jangan Malu Direhabilitasi

Senin, 27 Juni 2022 – 12:07 WIB
Wahai Pecandu Narkoba, Jangan Malu Direhabilitasi - JPNN.com Sultra
Wahai Pencadu Narkoba, Jangan Malu Direhabilitasi. Ilustrasi

sultra.jpnn.com, BAUBAU - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Baubau Provisi Sulawesi Tenggara (Sultra) menyeru kepada pecandu narkoba agar segera bertaubat.

Seruannya adalah tidak perlu ragu apalagi merasa malu melaporkan diri agar segera direhabilitasi.

Ajakan itu disampaikan Kepala BNN Kota Baubau Alamsyah dalam momentum Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) tahun 2022 yang diperingati setiap tanggal 26 Juni tiap tahunnya di Baubau, Minggu (26/6).

Alamsyah mengatakan ajakan itu tidak lain sebagai bentuk keprihatinan dunia terhadap pecandu yang terjebak dalam penyalahgunaan narkotika.

"Kami mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat jika terjerat dalam penyalahgunaan Narkotika segera melaporkan diri ke BNN untuk kita rehabilitasi. Tujuannya tidak lain untuk menyelamatkan pecandu ini supaya bisa kembali ke jalan yang benar," ungkap Alamsyah.

Meski begitu kata Alamsyah, bukan berarti para pecandu Narkoba tidak bisa keluar dari pengaruh barang haram tersebut. Mereka masih bisa kembali menjadi manusia yang benar, jika mau mengikuti program rehabilitasi.

Alamsyah juga menegaskan, bagi pecandu narkoba yang melaporkan diri untuk menjalani rehabilitasi, tidak dipidana karena sudah dijamin dalam undang-undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

Lebih lanjut Alamsyah mengatakan, sejak Januari hingga akhir Juni 2022, pihaknya telah merehabilitasi 26 pecandu Narkotika. Dari 26 pecandu tersebut, 22 orang
merupakan pecandu Narkotika jenis sabu, tiga orang pecandu ganja dan satu orang pecandu ekstasi.

Seruannya adalah tidak perlu ragu apalagi merasa malu melaporkan diri agar segera direhabilitasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News