Cegah Kebocoran Pajak, Restoran dan Rumah Makan Dipasangi Kamera Pengawas

Minggu, 03 Juli 2022 – 05:23 WIB
Cegah Kebocoran Pajak, Restoran dan Rumah Makan Dipasangi Kamera Pengawas - JPNN.com Sultra
Cegah Kebocoran Pajak, Restoran dan Rumah Makan Dipasangi Kamera Pengawas. Foto Antara

sultra.jpnn.com, MAKASSAR - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan memberlakukan pemasangan kamera pengawas atau CCTV di sejumlah restoran dan rumah makan.

Pemasangan kamera pengawas ini untuk memantau jumlah kunjungan demi meningkatkan pendapatan dari pajak.

Kepala Bidang Pajak dan Retribusi Daerah Bapenda Kota Makassar Hariman di Makassar, Sabtu, mengatakan pemasangan CCTV itu untuk meningkatkan pendapatan dan memastikan tidak terjadi kebocoran pajak daerah.

"Kami melakukan pemantauan melalui CCTV ini untuk memastikan pajak tidak mengalami kebocoran," ujarnya.

Hariman menjelaskan ada 1.200 wajib pajak restoran di Makassar. Pihaknya juga menyebar tim uji petik memantau pengunjung yang datang berbelanja.

"Kita cocokkan data minimal ada data pembanding berapa mereka laporkan dan sistem online. Berapa yang dia setor berapa pengunjung perhari kita lihat," katanya.

Saat ini ada 31 tim uji petik Bapenda Makassar melakukan pengawasan ke sejumlah rumah makan dan resto. Hasilnya PAD Makassar mengalami kenaikan.

Hariman menuturkan, omzet laporan perhari nantinya akan dicocokan dengan jumlah data termasuk uji petik yang dicurigai di sejumlah restoran dan rumah makan itu.

Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan memberlakukan pemasangan kamera pengawas atau CCTV
Facebook JPNN.com Sultra Twitter JPNN.com Sultra Pinterest JPNN.com Sultra Linkedin JPNN.com Sultra Flipboard JPNN.com Sultra Line JPNN.com Sultra JPNN.com Sultra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia