RPH Kota Kendari Siapkan Fasilitas Penyembelihan Hewan Kurban

Jumat, 08 Juli 2022 – 15:19 WIB
RPH Kota Kendari Siapkan Fasilitas Penyembelihan Hewan Kurban - JPNN.com Sultra
Hewan kurban di RPH. Foto : La Ode Muh Deden Saputra/JPNN.com

sultra.jpnn.com, KENDARI - Jelang hari raya Iduladha 1443 H/2022, Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD)) Rumah Pemotongan Hewan (RPH) menyiapkan berbagai fasilitas untuk melakukan penyembelihan hewan kurban.

Kepala Kantor UPTD RPH Kota Kendari Raden Muhammad Romy Yulianto mengatakan fasilitas yang telah disiapkan yakni kandang penampungan dan ruang pemotongan hewan kurban.

Dia menyebutkan saat ini RPH telah menampung beberapa ekor sapi dari organisasi kemasyarakatan Islam, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan masyarakat perorangan.

“Bagi yang ingin melakukan pemotongan di RPH, kami siap memberikan fasilitas kandang penampungan dan ruang pemotongan. Dari daftar kami, sapi kurban yang akan dipotong pada hari minggu nanti adalah sapi dari Wahdah Islamiyah, beberapa OPD Kota Kendari, dan juga ada dari masyarakat,” ucap Romy kepada awak media, Jumat (8/7).

Ia mengungkapkan penyembelihan hewan kurban itu nantinya akan dilakukan langsung oleh Juru Penyembelihan Hewan (Juleha), sehingga bisa dipastikan keamanan proses penyembelihannya.

“Kami bermitra dengan juru penyembelihan atau jagal. Nanti mereka yang akan mengerjakan mulai dari pemotongan hingga selesai,” katanya.

Selain menyiapkan fasilitas, lanjutnya, RPH juga memastikan bahwa sapi-sapi yang nantinya akan dipotong dalam kondisi sehat. Setiap sapi yang masuk ke RPH, terlebih dulu diperiksa kesehatannya, baik sebelum (antemortem) dan sesudah penyembelihan (postmortem).

“Setiap sapi yang masuk pasti langsung kami periksa kesehatannya sama dokter hewan yang ada di RPH, jika memenuhi syarat maka pemotongan bisa dilakukan, setelah dipotong pun organnya diperiksa apakah aman dikonsumsi. Jadi kami pastikan bahwa sapi yang dipotong di RPH terjamin kesehatannya,” jelasnya. (mcr6/jpnn)

Pemotongan hewan kurban di RPH dilakukan langsung oleh Juru Penyembelihan Hewan (Juleha).

Redaktur : Arwan Mannaungeng
Reporter : La Ode Muh. Deden Saputra

Facebook JPNN.com Sultra Twitter JPNN.com Sultra Pinterest JPNN.com Sultra Linkedin JPNN.com Sultra Flipboard JPNN.com Sultra Line JPNN.com Sultra JPNN.com Sultra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia