Daratan Konawe dan Kota Kendari Berpotensi Diguyur Hujan Hari Ini

Jumat, 15 Juli 2022 – 07:49 WIB
Daratan Konawe dan Kota Kendari Berpotensi Diguyur Hujan Hari Ini - JPNN.com Sultra
Kantor BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Kelas II Kendari. Foto : La Ode Muh Deden Saputra/JPNN.com

sultra.jpnn.com, KENDARI - Selamat pagi pembaca setia JPNN Sultra. Mengawali hari Anda, kami menyertakan informasi prakiraan cuaca yang terjadi hari ini, Jumat (15/7). 

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Kelas II Kendari  beberapa wilayah di Sultra bakal dilanda hujan sedang hingga lebat disertai dengan guntur dan angin kencang.

Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Kendari Faizal Habibie mengatakan hujan yang melanda beberapa wilayah di Sultra dikarenakan index SOI (tekanan permukaan di Tahiti dan tekanan permukaan di Darwin) dan ENSO (penyimpangan iklim di Samudera Pasifik yang ditandai dengan kenaikan suhu permukaan laut  di daerah katulistiwa bagian Tengah dan Timur) yang menunjukan nilai signifikan.

"Gelombang tipe Low Frequency dan Rossby Ekuatorial yang aktif terpantau di wilayah Sultra. Sehingga Anomali suhu muka laut di Perairan sekitar wilayah tersebut dapat meningkatkan penguapan (penambahan massa uap air)," ucap Faizal Habibie, Jumat (15/7).

Selain itu, ia menyebutkan lapisan rendah dan Indeks labilitas kuat skala lokal terkonsentrasi di wilayah Bumi Anoa.

"Sehingga faktor-faktor tersebut yang dapat meningkatkan potensi pembentukan awan hujan," katanya.

Faizal mengungkapkan oleh karenanya itu, empat wilayah yang bakal dilanda hujan, yakni Kabupaten Konawe Utara (Konut) , Konawe Selatan (Konsel), Konawe dan Kota Kendari.

Untuk itu, ia mengimbau kepada masyarakat yang akan melakukan aktivitas lebih memperhatikan terlebih dahulu prakiraan cuaca menurut BMKG Kendari. (mcr6/jpnn)

Rilis BMKG tersebut memprakirakan beberapa wilayah di Sultra bakal dilanda hujan sedang hingga lebat.

Redaktur : Arwan Mannaungeng
Reporter : La Ode Muh. Deden Saputra

Facebook JPNN.com Sultra Twitter JPNN.com Sultra Pinterest JPNN.com Sultra Linkedin JPNN.com Sultra Flipboard JPNN.com Sultra Line JPNN.com Sultra JPNN.com Sultra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia