Enam Trik Menghindari Penipuan Modus Soceng

Jumat, 15 Juli 2022 – 11:58 WIB
Enam Trik Menghindari Penipuan Modus Soceng - JPNN.com Sultra
Kepala OJK Sultra Arjaya Dwi Raya. Foto Antara

sultra.jpnn.com, KENDARI - Kejahatan rekayasa sosial kian meresahkan. Banyak yang tertipu dari modus social engineering (Soceng) atau rekayasa sosial karena informasi pribadi yang diumbar.

Untuk melindungi dari kejahatan soceng, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulawesi Tenggara menyebutkan enam trik cara menghindari penipuan dan kejahatan agar masyarakat terhindar dalam menguak suatu informasi rahasia melalui telepon, media sosial dan internet.

Kepala OJK Sultra Arjaya Dwi Raya mengatakan hal yang harus dilakukan oleh masyarakat dalam menghindari kejahatan rekayasa sosial yang kian meresahkan adalah yang pertama,  menjaga dengan baik kerahasiaan data peribadi.

"Masyarakat harus selalu merahasiakan data pribadi dari siapapun, jangan pernah memberikan ataupun membagikan informasi tersebut termasuk kepada oknum mengaku sebagai pegawai bank. Data pribadi antara lain username dan password aplikasi maupun email," kata Arjaya di Kendari, Kamis (14/7).

Kedua, masyarakat tidak menyebarkan data pribadi seperti foto KTP, nomor telepon di media sosial baik Instagram, WhatsApp, TikTok, Facebook, dan lainnya.

Ketiga, mengaktifkan two factor authentication untuk mencegah pelaku soceng meretas akun pribadi, hal ini bertujuan memberikan lapisan keamanan guna melindungi data pribadi.

"Cara tersebut dapat dilakukan misalnya melakukan verifikasi melalui face ID, sidik jari, dan lain sebagainya," jelasnya.

Keempat, waspada penipuan berkedok pegawai bank, karena biasanya penipu dalam melancarkan aksinya bisa menghubungi korban melalui telepon seluler, SMS dan media lainnya dengan mengatasnamakan pegawai bank.

Banyak yang tertipu dari modus social engineering (Soceng) atau rekayasa sosial karena informasi pribadi yang diumbar.
Facebook JPNN.com Sultra Twitter JPNN.com Sultra Pinterest JPNN.com Sultra Linkedin JPNN.com Sultra Flipboard JPNN.com Sultra Line JPNN.com Sultra JPNN.com Sultra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia