Hari Ini 1 Muharram 1444 Hijriah, Tujuh Wilayah di Sultra Berpotensi Hujan

Sabtu, 30 Juli 2022 – 06:43 WIB
Hari Ini 1 Muharram 1444 Hijriah, Tujuh Wilayah di Sultra Berpotensi Hujan - JPNN.com Sultra
Kantor BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Kelas II Kendari. Foto : La Ode Muh Deden Saputra/JPNN.com

sultra.jpnn.com, KENDARI - Selamat pagi Sobat Nusantara pembaca setia JPNN Sultra. Seperti biasa, Kami menyertakan informasi prakiraan cuaca di Sulawesi Tenggara (Sultra) dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Kelas II Kendari.

Hari ini, Sabtu (30/1) merupakan hari libur yang bertepatan dengan tahun baru Islam 1 Muharam 1444 Hijriah. 

Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Kendari Faizal Habibie mengatakan pada hari ini, Sabtu (30/7) terdapat tujuh wilayah di Sultra yang berpotensi hujan sedang hingga lebat.

"Dan berpotensi guntur serta angin kencang," ucap Faizal kepada JPNN.com melalui pesan WhatsApp, Sabtu (30/7).

Ia menyebutkan wilayah tersebut, yakni Kabupaten Kolaka, Kolaka Timur (Koltim), Kolaka Utara (Kolut), Buton Utara (Butur), Konawe Selatan (Konsel), Konawe Kepulauan (Konkep) dan Kota Kendari.

"Hal tu disebabkan oleh gelombang atmosfer tipe Low Frequency (Frekuensi rendah) yang terpantau aktif di wilayah Sulawesi," katanya

Serta, lanjutnya, anomali suhu muka laut di perairan sekitar Sultra bernilai positif. Massa udara basah laporan dan rendah dan Indeks labilitas kuat skala lokal terkonsentrasi di Sultra.

Faizal Habibie mengungkapkan selain itu, anomali suhu muka laut di perairan wilayah Sultra yang dapat meningkatkan penguapan (penambahan massa uap air) dan nassa udara basah lapisan rendah dan Indeks labilitas kuat skala lokal juga terkonsentrasi di wilayah Sultra.

Rilis BMKG tersebut memprakirakan beberapa wilayah di Sultra bakal dilanda hujan sedang hingga lebat.
Facebook JPNN.com Sultra Twitter JPNN.com Sultra Pinterest JPNN.com Sultra Linkedin JPNN.com Sultra Flipboard JPNN.com Sultra Line JPNN.com Sultra JPNN.com Sultra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia