Tanggul di Konawe Jebol, Puluhan Rumah dan Sawah Terendam Banjir

Selasa, 02 Agustus 2022 – 17:35 WIB
Tanggul di Konawe Jebol, Puluhan Rumah dan Sawah Terendam Banjir - JPNN.com Sultra
Rumah di Desa Anggoro, Kecamatan Abuki, Kabupaten Konawe yang terendam banjir. Foto : Source for JPNN.com

sultra.jpnn.com, KONAWE - Hujan dengan intensitas yang tinggi menyebabkan sabuah tanggul di Kecamatan Abuki, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) jebol, Senin (1/8) malam hari.

Air meluap membanjiri pemukiman di Desa Anggoro, Kecamatan Abuki sejak pukul 00.00 WITA.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan jebolnya tanggul tersebut diperkirakan karena tidak mampu menahan kenaikan volume air yang terus meningkat.

Ia menyebutkan banjir di Kecamatan Abuki itu berdampak kepada 37 keluarga dengan 150 jiwa. Selain itu, banjir juga merendam sebanyak 35 unit rumah dan 30 hektare sawah dengan tinggi air berkisar antara 30 hingga 50 sentimeter.

"Banjir berangsur surut di beberapa titik sejak malam. Belum ada laporan adanya korban jiwa dan warga tetap bertahan di rumah masing-masing dikarenakan tipikal rumah mereka adalah tipe panggung yang membuat air tidak sampai masuk ke dalam rumah," ucap Abdul Muhari melalui keterangan resminya, Selasa (2/8).

Untuk melakukan penanganan bencana, lanjutnya,  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Konawe sudah menerjunkan tim di lokasi terdampak guna melakukan kaji cepat dan berkoordinasi dengan aparat terkait untuk mengambil langkah-langkah penanganan lanjutan.

Abdul Muhari juga mengungkapkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan prakiraan cuaca untuk wilayah Sultra, Selasa (2/8) yang menyebutkan hujan dengan itensitas sedang dan Rabu (3/8) berpotensi akan terjadi hujan lebat. 

"Analisa InaRISK BNPB juga mengungkapkan wilayah Kabupaten Konawe memiliki risiko banjir level sedang hingga tinggi pada 21 kecamatan yang terdapat di kabupaten tersebut," katanya.

Sebanyak 35 unit rumah dan 30 hektare sawah dengan tinggi air berkisar antara 30 hingga 50 sentimeter.
Facebook JPNN.com Sultra Twitter JPNN.com Sultra Pinterest JPNN.com Sultra Linkedin JPNN.com Sultra Flipboard JPNN.com Sultra Line JPNN.com Sultra JPNN.com Sultra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia