Kabar Baik dari Gubernur Ali Mazi, Kuota Haji Sultra Tahun 2023 Ditambah

Rabu, 10 Agustus 2022 – 08:18 WIB
Kabar Baik dari Gubernur Ali Mazi, Kuota Haji Sultra Tahun 2023 Ditambah - JPNN.com Sultra
Kabar Baik dari Gubernur Ali Mazi, Kuota Haji Sultra Tahun 2023 Ditambah. Tampak Ali Mazi (kiri) bersama dengan Penjabat Sekda Sultra Asrun Lio. Foto Antara

sultra.jpnn.com, KENDARI - Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi memberi kabar baik. Sultra akan mendapat tambahan kuota untuk musim haji tahun 2023 sehingga daftar tunggu tidak menjadi panjang.

"Insyaallah pasti naik jumlahnya, dan sebagai tindak lanjut Kakanwil Kemenag Sultra dan petugas haji kita juga ditambah orangnya," kata Ali Mazi di Kendari, Selasa (9/8).

Untuk diketahui, kuota haji Sulawesi Tenggara pada musim haji 1443 H 2022 M sebanyak 917. Jumlah tersebut jauh lebih sedikit dari kuota sebelumnya pada 2019-2020 lalu yakni 1.984 orang dengan kloter yang dialokasikan.

Kuota itu terbagi dalam tiga kelompok terbang (kloter) yakni kloter 6-UPG, 7-UPG serta kloter 8-UPG yang tersebar di 17 Kabupaten/Kota se-Sultra.

Sebelumnya, Kepala bidang penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Sultra Ny Marni mengatakan pada tahun 2022 ini kuota haji untuk provinsi Sulawesi Tenggara sebanyak 917 orang atau 40 persen dari rata–rata tahun sebelumnya yang mencapai 1.870 hingga 1.984 orang dan pengurangan calon jamaah haji tahun ini tidak hanya dialami Sultra namun juga seluruh provinsi di Indonesia.

"Masyarakat Sultra khususnya umat Islam patut bersyukur karena pemerintah Arab Saudi telah memberi peluang bagi umat Islam di Indonesia untuk menunaikan ibadah haji tahun ini meski kuota yang di berikan masih sangat terbatas," tutur Marni.

Menurut Marni selain pengurangan jumlah jamaah yang berangkat menunaikan ibadah haji dikarenakan masih pandemi Covid-19 dan jamaah haji kategori lanjut usia (Lansia) usia 65 tahun ke atas tidak mendapat kuota berdasarkan aturan dari pemerintah Arab Saudi.

"Kita berharap pada pemberangkatan calon haji 2023 mendatang batas usia 65 tahun ke atas oleh Pemerintah Arab Saudi sudah dapat mencabut pembatasan usia tersebut," harapnya. (ant/jpnn)

Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi memberi kabar baik dengan adanya penambahan kuota haji tahun 2023.

Redaktur & Reporter : Arwan Mannaungeng

Facebook JPNN.com Sultra Twitter JPNN.com Sultra Pinterest JPNN.com Sultra Linkedin JPNN.com Sultra Flipboard JPNN.com Sultra Line JPNN.com Sultra JPNN.com Sultra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia