Kloter Terakhir Jemaah Haji Debarkasi Makassar

Minggu, 14 Agustus 2022 – 12:54 WIB
Kloter Terakhir Jemaah Haji Debarkasi Makassar - JPNN.com Sultra
Ilustrasi. Jemaah haji kloter 19 debarkasi Makassar tiba di Bandara Sultan Hasanuddin. Foto: ANTARA

sultra.jpnn.com, MAKASSAR - Kelompok Terbang (Kloter) 19 jemaah haji debarkasi Makassar tiba di Tanah Air. Kloter ini berjumlah 169 orang jamaah haji dan merupakan kloter terakhir.

Kehadiran para tamu Allah itu diterima Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH)  di Asrama Sudian Makassar, Sabtu (13/8).

“Alhamdulillah, kloter akhir sudah tiba di asrama dan selanjutnya kembali ke daerah masing-masing," kata Sekretaris PPIH Debarkasi Makassar, H Muh Ikbal Ismail.

Dia mengatakan, Kloter 19 ini merupakan jamaah gabungan dari Kabupaten Jeneponto sebanyak 157 orang, Sidrap 9 orang dan Kota Makassar satu orang serta petugas haji dua orang.

Menurut dia, semua jamaah pulang dalam kondisi baik dan bahagia, meski diakui dari Debarkasi Makassar masih ada tiga orang jamaah haji yang masih tinggal di Arab Saudi, karena masih dalam perawatan medis.

"Sementara jamaah yang wafat dari Embarkasi Makassar juga terdapat tiga orang jamaah," kata Ikbal yang juga adalah Kabid Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Sulsel..

Adapun total jamaah yang diberangkatkan dari Embarkasi Makassar sebanyak 7.230 orang dari delapan provinsi di Kawasan Timur Indonesia (KTI). Dari jumlah tersebut yang kembali ke tanah air tercatat 7.224 orang jamaah haji.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag Jeneponto H Saharuddin sangat bersyukur menerima kembali warganya yang sudah menunaikan ibadah haji.

Kehadiran para tamu Allah itu diterima Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH)  di Asrama Sudian Makassar, Sabtu (13/8).
Facebook JPNN.com Sultra Twitter JPNN.com Sultra Pinterest JPNN.com Sultra Linkedin JPNN.com Sultra Flipboard JPNN.com Sultra Line JPNN.com Sultra JPNN.com Sultra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia