Mentan Syahrul Tunggu Gubernur Ali Mazi, Jangan Mundur

Minggu, 21 Agustus 2022 – 05:42 WIB
Mentan Syahrul Tunggu Gubernur Ali Mazi, Jangan Mundur - JPNN.com Sultra
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo meminta kepala daerah di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk menyiapkan lahan 1.000 hektare lahan pertanian.

sultra.jpnn.com - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo meminta kepala daerah di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk menyiapkan lahan 1.000 hektare lahan pertanian.

Tujuannya, lahan tersebut dikelola dan difokuskan pada peningkatan produksi hasil pengolahan pertanian.

Permintaan itu disampaikan Mentan Syahrul saat kunjungan kerja di Desa Cialam Jaya, Kecamatan Konda, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, Sabtu (20/8).

"Ada tugas Pak Bupati Konawe Selatan, Pak Gubernur (Sultra), untuk siapkan saya 1.000 hektare tiap kabupaten yang ada tadi," kata Mentan Yasin Limpo di hadapan Gubernur Ali Mazi.

Menurut mantan gubernur Sulsel dua periode itu, jika dikalkulasikan satu hektare menghasilkan Rp 30 juta hasil pertanian, maka dengan 1.000 hektare lahan bisa meningkatkan pendapatan masyarakat sebesar Rp 30 miliar dalam tiga bulan.

Selain itu, dengan lahan tersebut, masyarakat bisa meningkatkan hasil produksi berbagai komoditas pangan lokal hingga setara dengan petani di daerah Jawa.

"Kenapa ada orang Jawa bisa, orang di sini (Kabupaten Konawe Selatan) tidak, apalagi ada keturunan orang Jawa di sini," ujar Mentan.

Ia meminta penyediaan lahan harus berkoordinasi dengan instansi terkait termasuk bank untuk membantu masyarakat dalam pengolahan hingga menjual hasil panen.

Tujuannya, lahan 1.000 hektare akan dikelola dan difokuskan pada peningkatan produksi hasil pengolahan pertanian.
Facebook JPNN.com Sultra Twitter JPNN.com Sultra Pinterest JPNN.com Sultra Linkedin JPNN.com Sultra Flipboard JPNN.com Sultra Line JPNN.com Sultra JPNN.com Sultra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia