Gubernur Ali Mazi Bicara Krisis Pangan di Forum IKA Unhas

Selasa, 23 Agustus 2022 – 05:14 WIB
Gubernur Ali Mazi Bicara Krisis Pangan di Forum IKA Unhas - JPNN.com Sultra
Gubernur Ali Mazi Bicara Krisis Pangan di Forum IKA Unhas. Foto Antara

sultra.jpnn.com, KENDARI - Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi menghadiri talk show dengan tema Sultra Lumbung Indonesia, Sultra Energi Dunia, yang diselenggarakan Koordinator Wilayah Ikatan Keluarga Alumni Universitas Hasanuddin (IKA Unhas) Sulawesi Tenggara, Senin (22/8).

Gubernur Ali Mazi mengajak IKA Unhas turut andil dalam mengatasi ancaman krisis pangan global.

"Perubahan iklim yang tidak menentu, pandemi COVID-19 yang belum sepenuhnya berakhir, dan adanya perang antar negara Rusia dan Ukraina, dikhawatirkan dapat semakin memicu terjadinya krisis pangan, krisis energi dan krisis keuangan," kata Gubernur Ali Mazi.

Menurutnya, menyikapi krisis pangan dunia, Sulawesi Tenggara perlu merasa khawatir, tetapi tidak boleh berlebihan karena daerah tersebut merupakan salah satu provinsi di Nusantara yang dikarunia dengan beragam potensi kekayaan alam yang begitu melimpah, baik yang ada di daratan, di lautan, di dalam perut bumi maupun di permukaan bumi.

Potensi kekayaan alam dimaksud terdiri dari berbagai sektor, yakni sektor pertanian dalam arti luas, pertambangan dan energi, kelautan dan perikanan, serta sektor pariwisata.

"Yang terpenting bagi kita saat ini dan ke depan, adalah bagaimana potensi kekayaan alam tersebut kita optimalkan pengelolaan, pengembangan dan memanfaatkannya secara cerdas, bijak dan penuh rasa tanggung jawab," ujar Gubernur.

Upaya tersebut penting agar memberi manfaat yang sebesar-besarnya bagi kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Sultra khususnya, dan rakyat Indonesia pada umumnya, sekaligus menjadikan negara Indonesia berdaulat dan mandiri dalam ekonomi, pangan dan energi secara berkelanjutan, sehingga bisa ikut membangun masyarakat dunia.

“Diperlukan komitmen dan sinergi semua komponen pembangunan, termasuk IKA Unhas Sulawesi Tenggara dalam melakukan langkah strategi percepatan pembangunan daerah dalam rangka mendukung pembangunan nasional,” ucap Gubernur Ali Mazi.

Gubernur Ali Mazi mengajak IKA Unhas turut andil dalam mengatasi ancaman krisis pangan global.
Facebook JPNN.com Sultra Twitter JPNN.com Sultra Pinterest JPNN.com Sultra Linkedin JPNN.com Sultra Flipboard JPNN.com Sultra Line JPNN.com Sultra JPNN.com Sultra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia