Gempa Bumi Guncang Konawe, Getarannya Sampai Kendari dan Konsel

Rabu, 07 September 2022 – 05:05 WIB
Gempa Bumi Guncang Konawe, Getarannya Sampai Kendari dan Konsel - JPNN.com Sultra
Gempa Bumi Guncang Konawe, Getarannya Sampai Kendari dan Konsel. Foto dok

sultra.jpnn.com, KENDARI - Gempa bumi menguncang wilayah Kecamatan Anggalomoare Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, Selasa, pukul 21.41 WITA, Selasa (6/9) malam.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendari mencatat gempa dangkal itu terjadi dengan kedalaman 5 kilometer.

Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rudin mengatakan pusat gempa bermagnitudo 2,5 terletak pada koordinat 3.97 Lintang Selatan 122.41 Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 3,3 km, Barat Daya Anggalomoare, Konawe, Sulawesi Tenggara.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar Kendari, Segmen Utara di Barat daya Anggalomoare, Kabupaten Konawe," kata Rudin, Selasa (6/9) malam.

Guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan di Kendari, Konawe Selatan pada skala II MMI. Skala II MMI yaitu getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Meski begitu, BMKG menyebut belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi dangkal tersebut. "Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami," ujar dia.

"Hingga pukul 22.10 Wita, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan," ujar dia.

BMKG meminta masyarakat agar memeriksa dan memastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan, sebelum kembali ke dalam rumah. (ant/jpnn)

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendari mencatat gempa dangkal itu terjadi dengan kedalaman 5 kilometer.

Redaktur & Reporter : Arwan Mannaungeng

Facebook JPNN.com Sultra Twitter JPNN.com Sultra Pinterest JPNN.com Sultra Linkedin JPNN.com Sultra Flipboard JPNN.com Sultra Line JPNN.com Sultra JPNN.com Sultra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia