Gempa Dangkal Mengguncang Konawe Selatan, Begini Info BMKG

Kamis, 22 Desember 2022 – 17:28 WIB
Gempa Dangkal Mengguncang Konawe Selatan, Begini Info BMKG - JPNN.com Sultra
Gempa bumi - Ilustrasi Foto: Sultan Amanda Syahidatullah/JPNN.com

sultra.jpnn.com, KENDARI - BMKG mencatat gempa dangkal dengan kedalaman 10 kilometer mengguncang wilayah Kecamatan Lainea Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, pada Kamis (22/12) pukul 13.00 WITA.

Kepala Stasiun Geofisika Kendari Rudin menyebut gempa magnitudo atau M4,1 tersebut terjadi pada koordinat 4,44 Lintang Selatan dan 122,61 Bujur Timur.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Lainea di Tenggara Lainea," ucap Rudin di Kendari.

Gempa bumi tersebut berpusat sekitar 5,8 km Tenggara Lainea, Konawe Selatan, Sultra pada skala II-III.

Guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan skala II di Kabupaten Konawe Kepulauan, di mana getaran dirasakan beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Kemudian guncangan kala III dirasakan di Kendari dan Konawe Selatan, berupa getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa seakan-akan ada truk berlalu.

Menurut BMKG belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami.

BMKG mencatat gempa dangkal terjadi di Konawe Selatan namun tidak berpotensi tsunami. Masyarakat diminta tetap waspada dan tidak panik.
Facebook JPNN.com Sultra Twitter JPNN.com Sultra Pinterest JPNN.com Sultra Linkedin JPNN.com Sultra Flipboard JPNN.com Sultra Line JPNN.com Sultra JPNN.com Sultra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia