Perahu Sandeq Tiba di IKN

Kamis, 08 September 2022 – 04:59 WIB
Perahu Sandeq Tiba di IKN - JPNN.com Sultra
Perahu Sandeq Tiba di IKN. Foto Antara

sultra.jpnn.com, BALIKPAPAN - Penjabat Gubernur Sulawesi Barat Akmal Malik bersama Wali Kota Balikpapan Rahmat Mas'ud menyambut kehadiran 34 perahu perahu tradisional Sandeq yang tiba di Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur, Rabu (7/9).

Perahu sandeq ini merupakan perahu tradisional milik suku Mandar yang menghuni wilayah provinsi Sulbar.

Akmal Malik mengatakan 34 perahu Sandeq Sulbar berlayar menuju IKN, merupakan simbol dukungan kepada Presiden Joko Widodo, bahwa 34 provinsi di Indonesia mendukung percepatan pembangunan IKN.

Ia mengatakan, melalui festival perahu Sandeq ini juga diharapkan menjadi momentum untuk merajut silaturahmi antara sesama bangsa Indonesia, khususnya masyarakat Sulbar dan Kalimantan Timur.

"Perahu Sandeq ini merupakan mahakarya maritim Indonesia yang tidak dimiliki daerah lain, dan memiliki makna filosofis yang mencerminkan banyak hal, Sandeq memiliki bentuk runcing tajam dan kecil, tetapi memiliki nyali besar mengarungi samudera," katanya.

Menurut dia, kalau tidak memiliki nyali besar tidak mungkin perahu itu akan bisa sampai di IKN berlayar dari Sulbar.

"Spirit inilah yang harus digunakan untuk menyelesaikan persoalan bangsa," katanya.

Wali Kota Balikpapan Rahmat Mas'ud mengatakan pihaknya menyambut baik kedatangan perahu Sandeq Sulbar di Balikpapan dan menjadi momentum yang luar biasa untuk mewariskan dan memperkenalkan kepada generasi muda bagaimana mencintai laut.

Perahu sandeq ini merupakan perahu tradisional milik suku Mandar yang menghuni wilayah provinsi Sulbar.
Facebook JPNN.com Sultra Twitter JPNN.com Sultra Pinterest JPNN.com Sultra Linkedin JPNN.com Sultra Flipboard JPNN.com Sultra Line JPNN.com Sultra JPNN.com Sultra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia