Festival Sandeq Layak Menjadi Inspirasi Daerah Lain

Sabtu, 10 September 2022 – 07:54 WIB
Festival Sandeq Layak Menjadi Inspirasi Daerah Lain - JPNN.com Sultra
Festival Sandeq Layak Menjadi Inspirasi Daerah Lain. Foto Antara

sultra.jpnn.com, BALIKPAPAN - Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali mengatakan Festival Sandeq yang digelar Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat layak menjadi inspirasi daerah lain. Alasannya, pagelaran perahu tradisional milik suku Mandar itu mampu menghadirkan kegiatan yang inovatif di tengah kondisi anggaran terbatas.

"Pelaksanaan Festival Sandeq 2022 layak diapresiasi karena menginspirasi sehingga layak dicontoh daerah lain," kata Zainuddin Amali pada puncak Festival Sandeq yang digelar di Pantai Manggar Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur, Jumat (9/9).

Menpora Zainuddin membeberkan jika pelaksanaan Festival Sandeq dipercepat atas tantangan dari Menpora dan itu disanggupi hingga terbukti pada 7 September 2022 berhasil berlabuh di Pantai Manggar.

"Itu karena nyalinya besar. Ini adalah 'sport torurism'. Para passandeq kalau fisiknya tidak kuat dia tidak akan tiba di Pantai Manggar ini," ujar Zainuddin Amali.

Dia lantas mengapresiasi upaya pemerintah daerah yang mulai menggairahkan kehidupan "sport tourism".

"Apalagi, tanpa APBD sehingga layak menjadi contoh bagi daerah lain. Ini suatu contoh inovasi daerah, tidak ada halangan untuk melakukan sebuah kegiatan. Pak Penjabat Gubernur Sulbar harus buktikan bisa di tempat lain. Ini inspirasi untuk bisa mandiri," terang Zainuddin Amali.

Menpora berharap, melalui Festival Sandeq dapat memperkuat komitmen mendukung pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) yang bertujuan untuk pemerataan pembangunan

"Agar tidak ada lagi Jawa sentris. IKN di tempatkan di Kaltim yang berada di tengah sehingga terlayani semua," jelas Zainuddin Amali.

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali mengatakan Festival Sandeq layak menjadi inspirasi daerah lain.
Facebook JPNN.com Sultra Twitter JPNN.com Sultra Pinterest JPNN.com Sultra Linkedin JPNN.com Sultra Flipboard JPNN.com Sultra Line JPNN.com Sultra JPNN.com Sultra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia