Festival Sandeq Direncanakan Digelar September 2022

Rabu, 27 Juli 2022 – 08:44 WIB
Festival Sandeq Direncanakan Digelar September 2022 - JPNN.com Sultra
Penjabat Gubernur Sulbar Akmal Malik. Foto Antara

sultra.jpnn.com, MAMUJU - Festival Sandeq yang merupakan perahu tradisional milik nelayan Mandar akan digelar September 2022. Sejumlah pihak menyampaikan dukungannya untuk menyukseskan acara tersebut.

Salah satunya adalah Bank Syariah Indonesia (BSI) yang menyampaikan turut menyokong pelaksanaan Festival Sandeq di Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat.

"BSI sebagai salah satu lembaga keuangan terkemuka sudah menyatakan siap mendukung pelaksanaan Festival Sandeq 2022," kata Penjabat Gubernur Sulbar Akmal Malik melalui rilis yang diterima di Mamuju, Selasa (26/7).

Dukungan BSI itu disampaikan Komisaris Independen BSI Arief Rosyid Hasan saat menerima kunjungan Penjabat Gubernur Sulbar Akmal Malik di Jakarta, Senin (25/7).

Pertemuan Akmal Malik dengan Arief Rosyid tersebut, juga membahas tentang rencana kerja sama antara BSI dan Pemprov Sulbar untuk membangun ekosistem ekonomi syariah di Sulbar, dengan melibatkan kalangan milenial sebagai generasi terdepan dalam pembangunan.

"Dukungan ini akan sangat membantu upaya menyukseskan Festival Sandeq yang merupakan kebanggaan masyarakat Sulbar," ujar Akmal Malik.

Festival Sandeq rencananya diikuti sekitar 34 perahu sandeq dan akan berlayar mengarungi selat Makassar. Sandeq jenis perahu layar dengan cadik yang sudah lama digunakan nelayan Mandar untuk melaut dan menjadi moda transportasi antarpulau.

Penjabat Gubernur Akmal Malik menyatakan 34 perahu sandeq merupakan simbol jumlah provinsi di Indonesia dan wujud dukungan terhadap pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

Festival Sandeq yang merupakan perahu tradisional milik nelayan Mandar akan digelar September 2022.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia