Karyawan Curi Rp 1,9 Miliar Duit Nasabah, Begini Pembelaan Bank Sultra

Jumat, 16 September 2022 – 04:51 WIB
Karyawan Curi Rp 1,9 Miliar Duit Nasabah, Begini Pembelaan Bank Sultra - JPNN.com Sultra
Ahmad Guahir Kamaruddin saat berada di mobil tahanan Kejati Sultra. Foto: La Ode Muh Deden Saputra/JPNN.com

sultra.jpnn.com, KENDARI - Bank Sulawesi Tenggara (Sultra) akhirnya buka suara terkait karyawannya bernama Ahmad Guahir Kamaruddin yang nekat mencuri uang nasabah senilai Rp 1,9 miliar.

Kepala Satuan Kerja Audit Internal Bank Sultra Agus menyatakan Ahmad Guahir sudah tidak lagi tercatat sebagai karyawan. Menurutnya, Ahmad Guahir ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi oleh Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Tenggara (Sultra), Rabu (14/9) sudah dipecat. 

Agus menyatakan Ahmad Guahir telah dilakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sejak penggelapnnya diketahui oleh tim audit pada Oktober 2021 lalu. 

"Saat ketahuan oleh tim audit, kepada yang bersangkutan beberapa kali kami panggil untuk pemeriksaan, tetapi tidak ditanggapi. Jadi, ada indikasi melarikan diri, sehingga kami PHK kemudian melaporkan yang bersangkutan,” ucap Agus, Kamis (15/9).

Setelah memecat Ahmad Guahir, lanjutnya, pihak Bank Sultra kemudian langsung melaporkan peristiwa itu ke Kejati Sultra untuk dilakukan proses hukum yang berlaku pada 16 November 2021.

Ia juga membenarkan modus tersangka dengan cara memindahkan uang dari 105 rekening ke 20 rekening nominatif milik nasabah yang sudah tidak aktif, kemudian memindahkannya lagi ke lima rekening. Dari lima rekening itu, satu diantaranya merupakan rekening pribadi milik Ahmad Guahir.

“Seperti yang dijelaskan oleh Kejati Sultra, dana yang dicuri oleh tersangka ditransfer ke 20 rekening nasabah yang sudah tidak aktif,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, Kejati Sultra menetapkan anak buah Direktur Utama (Dirut) Bank Sultra Abdul Latif, Ahmad Guahir Kamaruddin sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi, Rabu (14/9).

Bank Sultra telah melakukan PHK terhadap Ahmad Guahir Kamaruddin sejak Oktober 2021 lalu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia