Bank Sultra Diterpa Kabar Miring, Curi Duit Nasabah Sampai Dirut Hambur Uang

Selasa, 20 September 2022 – 09:55 WIB
Bank Sultra Diterpa Kabar Miring, Curi Duit Nasabah Sampai Dirut Hambur Uang - JPNN.com Sultra
Bank Sultra Diterpa Kabar Miring, Curi Duit Nasabah Sampai Dirut Hambur Uang. Foto dok

sultra.jpnn.com, KENDARI - Akhir-akhir ini, Bank Sulawesi Tenggara (Sultra) terus diterpa isu miring. Mulai dari kelakukan karyawannya yang mencuri duit nasabah hingga tindakan direktur utamanya yang dianggap melanggar norma.

Karyawan yang mencuri duit nasabah, Ahmad Guahir Kamaruddin. Posisinya sangat strategis. Dia menjabat sebagai sundries.

Sundries sendiri adalah karyawan bank yang bertanggung jawab terhadap lalu lintas uang non­tunai. Dengan kewenangan yang dimiliki, Ahmad Guahir Kamaruddin memindahkan uang nasabah ke beberap rekening, termasuk rekening miliknya.

Duit Nasabah Dicuri dari 105 Rekening

Kepala Satuan Audit Internal Bank Sultra, Agus mengatakan ada 105 rekening nasabah yang dicuri dengan total kerugian Rp 1,9 miliar.

Namun, pihak Bank Sultra sudah mengembalikan dana nasabah itu sudah dilakukan 100 persen sejak tahun 2021.

“Total kerugian Rp 1,9 miliar, ada 105 rekening, semua 100 persen telah dikembalikan," kata Agus di Kendari, Kamis (15/9).

Dia menyampaikan pengembalian dana nasabah oleh Bank Sultra tanpa ada laporan dari nasabah bahkan nasabah tidak mengetahui jika dananya ditarik oleh pelaku.

"Untuk besaran dana yang dikembalikan bervariasi mulai dari Rp 400 ribu, Rp 6 juta, dan Rp 76 juta. Total rekening nasabah yang dikembalikan ada 105 rekening," ujar dia.

Mulai dari kelakukan karyawannya yang mencuri duit nasabah hingga tindakan direktur utamanya yang dianggap melanggar norma.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News