Mengedukasi Pemilu Lewat Media

Jumat, 03 Juni 2022 – 05:01 WIB
Mengedukasi Pemilu Lewat Media - JPNN.com Sultra
Diskusi media bersama pimpinan media dan wartawan di Kendari menyongsong Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 yang digelar Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Kamis (2/6). Foto Antara

sultra.jpnn.com, KENDARI - Tak lama lagi tahapan Pemilu 2024 akan dimulai. Dalam rancangan terbaru KPU, tahapan akan dilakukan pada Desember 2022.

Peran pers dalam menyampaikan informasi ke publik juga punya tanggung jawab dalam menyukseskan pesta akbar demokrasi lima tahunan.

Pembahasan ini mengemuka dalam diskusi media bersama pimpinan media dan wartawan di Kendari menyongsong Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 yang digelar Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Kamis (2/6).

Dalam diskusi itu, media dan Bawaslu saling memberi penguatan guna menyukseskan pemilu dan pilkada serentak mendatang untuk mengedukasi masyarakat dalam partisipasi menyukseskan hajatan rakyat.

Ketua PWI Sultra Sarjono mengatakan sinkronisasi pers dengan Bawaslu sangat penting dalam mendukung pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang.

"Pers dalam tugas jurnalisnya mencari informasi dan mempublikasikan informasi itu ke publik, maka harapannya bagaimana edukasi itu bisa tersampaikan ke publik," kata Sarjono dalam Diskusi Media dengan tema "Komunikasi Efektif dan Peran Media Massa Dalam Menyongsong Pemilu dan Pilkada Serentak 2024".

Peran media sebagaimana yang diharapkan dalam diskusi ini adalah menjaga marwah jurnalistik dalam tugasnya sehingga tidak melakukan pelanggaran dalam karya jurnalistiknya.

"Sebagai ketua organisasi wartawan di daerah ini saya juga berharap perusahaan media juga lebih profesional dalam membawa medianya untuk kebutuhan publik dalam pemberitaan tentang pelaksanaan Pemilu 2024," ujarnya.

Dalam rancangan terbaru KPU, tahapan Pemilu 2024 yang digelar serentak pada 14 Februari 2024 akan dilakukan pada Desember 2022.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News