Mencengangkan, Pangkat Boleh Briptu, Tetapi Uang Tersimpan di 15 Rekening

Rabu, 11 Mei 2022 – 20:41 WIB
Mencengangkan, Pangkat Boleh Briptu, Tetapi Uang Tersimpan di 15 Rekening - JPNN.com Sultra
Polda Kalimantan Utara membeberkan pengungkapan kasus tambang emas ilegal yang digeluti Briptu Hasbudi. Foto: Humas Polda Kaltara.

sultra.jpnn.com, TARAKAN - Bintara boleh dengan pangkat brigadir polisi satu, tapi uang tersebar di 15 rekening. Itu sederetan fakta yang terungkap dari penangkapan Briptu Hasbudi di Bandara Juwata Tarakan, Kalimantan Utara Rabu (4/5) sore.

Bintara tingkat dua Ditpolairud Polda Kaltara ini ditangkap atas sangkaan tindak pidana kepemilikian tambang ilegal.

Dari perkembangan penyidikan, Kapolda Kalimantan Utara (Kaltara) Irjen Daniel Adityajaya mengatakan penyidik telah menyita rekening bank milik Briptu Hasbudi dan keluarganya. Rekening bank yang disita sebanyak 15.

"Rekening semua yang kami temukan, rekening di rumahnya, baik itu istri, ibu, dan semuanya karena kami kemarin menjerat dengan TPPU (Tindak Pidana Pencucian Uang). (Rekening) kami amankan," kata Irjen Daniel didampingi Dirreskrimsus AKBP Hendy Febrianto Kurniawan di sela konferensi pers di Mapolda Kalimantan Utara, Senin (9/5).

Daniel mengatakan selain rekening Briptu Hasbudi dan keluarganya, penyidik juga mengamankan rekening atas nama orang lain dan beberapa catatan alat bukti transfer uang.

"Itu kami amankan juga untuk dianalisis alasan atau modus pemberian tersebut," ujarnya.

Jika ada indikasi uang turut mengalir kepada pejabat tertentu yang berkaitan dengan wewenang dan jabatannya, polisi juga akan menggelar perkara.

"Tujuannya untuk melihat apakah itu masuk ranah korupsi atau tidak," ujarnya.

Kekayaan Briptu Hasbudi kini sementara dihitung oleh PPATK. Britpu Hasbudi menyimpang uangnya di 15 rekening.
Facebook JPNN.com Sultra Twitter JPNN.com Sultra Pinterest JPNN.com Sultra Linkedin JPNN.com Sultra Flipboard JPNN.com Sultra Line JPNN.com Sultra JPNN.com Sultra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia