Daftar Tunggu Haji Terlama Sampai 97 Tahun

Jumat, 10 Juni 2022 – 21:23 WIB
Daftar Tunggu Haji Terlama Sampai 97 Tahun - JPNN.com Sultra
Daftar Tunggu Haji Terlama Sampai 97 Tahun, Kapan Berangkatnya? Foto Antara

sultra.jpnn.com, MAKASSAR - Boleh jadi daerah ini menjadi masuk dalam kategori daftar tunggu haji terlama di Indonesia. Untuk bisa menunaikan rukun Islam yang kelima, butuh waktu 97 tahun untuk bisa berangkat haji.

Daftar tunggu haji terlama itu ada di Kabupaten Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan.

Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Sulsel Ikbal Ismail mengatakan daftar tunggu Jemaah Calon Haji (JCH) Bantaeng yang terlama hingga 97 tahun itu sesuai dengan data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kemenag 2022.

"Di Sulsel ada berita heboh dan viral di media sosial terkait daftar tunggu jamaah haji Indonesia khususnya di Bantaeng yang sampai 97 tahun. Itu adalah data Siskohat dan dipengaruhi oleh pengurangan kuota haji oleh Kerajaan Arab Saudi karena pandemi COVID-19," kata Ikbal di Makassar, Jumat (10/6). 

Ia mengatakan pengurangan kuota jamaah haji Indonesia yang sampai 46,5 persen lebih dari kuota sebelumnya, juga mempengaruhi sistem informasi haji di website Kemenag khususnya data Siskohat.

Menurut dia, daftar tunggu jamaah calon haji itu masih akan berubah dan menyesuaikan dengan kuota haji setiap tahunnya.

Ia pun berharap perubahan status dari pandemi menjadi endemi juga akan menormalkan kembali informasi haji lainnya.

"Website Siskohat Kementerian Agama ini memang mengalami perubahan karena by sistem, utamanya terkait daftar tunggu atau waiting list. Hal tersebut disebabkan karena Tahun 2022 ini, kuota haji yang diberikan oleh Pemerintah Kerajaan Arab Saudi mengalami pemotongan atau pengurangan sekitar 46,5 persen dari kuota normal tahun sebelumnya," katanya.

Untuk bisa menunaikan rukun Islam yang kelima, butuh waktu 97 tahun untuk bisa berangkat haji.
Facebook JPNN.com Sultra Twitter JPNN.com Sultra Pinterest JPNN.com Sultra Linkedin JPNN.com Sultra Flipboard JPNN.com Sultra Line JPNN.com Sultra JPNN.com Sultra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia