Banjir Buton, 132 Rumah Terendam Ketinggian hingga 1 Meter

Minggu, 19 Juni 2022 – 05:43 WIB
Banjir Buton, 132 Rumah Terendam Ketinggian hingga 1 Meter - JPNN.com Sultra
Salah satu titik yang terendam banjir di Desa Lawele, Kecamatan Lasalimu, Kabupaten, Buton, Sultra, Sabtu (18/6). Foto Antara

sultra.jpnn.com, BUTON - Banjir melanda Desa Lawele, Kecamatan Lasalimu, Kabupaten Buton Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Sabtu (18/6). Sebanyak 132 rumah yang terendam dengan ketinggian mencapai satu meter.

Kepala Desa Lawele, Nasra Bahrum mengatakan banjir yang melanda desa tersebut menyebabkan sebanyak 132 unit rumah terendam.

"Kalau untuk banjir ini boleh dikata satu kecamatan ini. Khusus untuk di Dusun Lawele data terakhir sekitar 132 rumah (terendam banjir). Kalau di Dusun Kalenda, Kawunawuna masih aman," kata Nasra ketika dihubungi pada Sabtu (18/6) malam. 

Ia mengatakan, kondisi intensitas hujan dan meluapnya sungai Lakarima menyebabkan sejumlah titik di wilayah tersebut terendam air dengan ketinggian diperkirakan mencapai 70 cm hingga 1 meter.

"Tidak semuanya titik (air mencapai 1 meter, red), tapi kalau yang paling parahnya bisa," katanya.

Saat ini, kata dia juga, pihaknya menyiapkan kantor desa sebagai tempat yang akan digunakan warga berteduh atau mengungsi sementara.

""Sekarang ini belum ada yang mengungsi, warga masih menjaga rumahnya masing-masing, masih bertahan di rumahnya masing-masing," katanya.

Sementara itu, warga Lawele Arfan mengatakan, desanya memang sudah menjadi langganan banjir dalam beberapa tahun terakhir, tetapi kali ini menjadi banjir yang terparah.

Sebanyak 132 rumah yang terendam dengan ketinggian mencapai satu meter.
Facebook JPNN.com Sultra Twitter JPNN.com Sultra Pinterest JPNN.com Sultra Linkedin JPNN.com Sultra Flipboard JPNN.com Sultra Line JPNN.com Sultra JPNN.com Sultra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia