Prakiraan Cuaca Sultra: Butur, Konsel dan Konkep Berpotensi Diguyur Hujan Hari Ini

Senin, 25 Juli 2022 – 04:25 WIB
Prakiraan Cuaca Sultra: Butur, Konsel dan Konkep Berpotensi Diguyur Hujan Hari Ini - JPNN.com Sultra
Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Kendari Faizal Habibie. Foto : La Ode Muh Deden Saputra/JPNN.com

sultra.jpnn.com, KENDARI - Selamat pagi pembaca setia JPNN Sultra. Seperti biasa, kami menyertakan informasi prakiraan cuaca di Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk mengawali aktivitas Anda pada hari ini, Senin (25/7).

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Kelas II Kendari terdapat tiga wilayah Kabupaten di Sultra berpotensi hujan sedang hingga lebat.

"Juga yang dapat disertai dengan guntur dan angin kencang," ucap Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Kendari Faizal Habibie kepada JPNN.com, Senin (25/7).

Ia menyebutkan wilayah tersebut, yakni Kabupaten Buton Utara (Butur), Konawe Selatan (Konsel) dan Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep).

Menurutnya hal itu disebabkan oleh gelombang atmosfer tipe Low Frequency (Frekuensi rendah) yang terpantau aktif di wilayah Sulawesi.

"Dan anomali suhu muka laut di perairan sekitar Sultra bernilai positif. Massa udara basah laporan dan rendah dan Indeks labilitas kuat skala lokal terkonsentrasi di Sultra," katanya.

Faizal Habibie mengungkapkan anomali suhu muka laut di perairan wilayah Sultra juga dapat meningkatkan penguapan (penambahan massa uap air) dan massa udara basah lapisan rendah dan indeks labilitas kuat skala lokal terkonsentrasi di wilayah Sultra.

"Faktor-faktor tersebut yang dapat meningkatkan potensi pembentukan awan hujan di wilayah Sultra," jelasnya. (mcr6/jpnn)

Rilis BMKG tersebut memprakirakan beberapa wilayah di Sultra bakal dilanda hujan sedang hingga lebat.

Redaktur : Arwan Mannaungeng
Reporter : La Ode Muh. Deden Saputra

Facebook JPNN.com Sultra Twitter JPNN.com Sultra Pinterest JPNN.com Sultra Linkedin JPNN.com Sultra Flipboard JPNN.com Sultra Line JPNN.com Sultra JPNN.com Sultra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia