Kota Kendari dan Tiga Kabupaten Lainnya di Sultra Berpotensi Hujan Hari Ini

Kamis, 04 Agustus 2022 – 04:56 WIB
Kota Kendari dan Tiga Kabupaten Lainnya di Sultra Berpotensi Hujan Hari Ini - JPNN.com Sultra
Kantor BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Kelas II Kendari. Foto : La Ode Muh Deden Saputra/JPNN.com

sultra.jpnn.com, KENDARI - Empat wilayah kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara (Sultra) berpotensi diguyur hujan hari ini, Rabu (3/8).

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendari menyebutkan hujan yang terjadi berpotensi disertai guntur dan angin kencang.

Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Kendari Faizal Habibie mengungkapkan keempat daerah tersebut, yakni Kabupaten Konawe, Konawe Selatan (Konsel), Konawe Utara (Konut) dan Kota Kendari.

Hal itu disebabkan, lanjutnya, oleh gelombang atmosfer Tipe Low Frequency (frekuensi rendah) yang terpantau aktif di wilayah Sulawesi.

"Anomali suhu muka laut di Perairan sekitar wilayah Sultra juga dapat meningkatkan penguapan (penambahan massa uap air)," ucap Faizal Habibie kepada JPNN.com, Rabu (3/8).

Faizal juga menuturkan massa udara basah lapisan rendah dan Indeks labilitas kuat skala lokal juga terkonsentrasi di wilayah Sultra.

"Jadi, faktor-faktor tersebut yang dapat meningkatkan potensi pembentukan awan hujan di beberapa wilayah di Sultra," jelasnya. (mcr6/jpnn) 

Rilis BMKG tersebut memprakirakan beberapa wilayah di Sultra bakal dilanda hujan sedang hingga lebat.

Redaktur : Arwan Mannaungeng
Reporter : La Ode Muh. Deden Saputra

Facebook JPNN.com Sultra Twitter JPNN.com Sultra Pinterest JPNN.com Sultra Linkedin JPNN.com Sultra Flipboard JPNN.com Sultra Line JPNN.com Sultra JPNN.com Sultra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia