Menduniakan Batik dengan Menggandeng Perancang Busana Korea

Sabtu, 13 Agustus 2022 – 21:30 WIB
Menduniakan Batik dengan Menggandeng Perancang Busana Korea - JPNN.com Sultra
Menduniakan Batik dengan Menggandeng Perancang Busana Korea. Foto Antara

sultra.jpnn.com, SEOUL - Ada banyak yang ditempuh untuk memperomosikan batik sebagai warisan budaya Indonesia. Salah satunya dengan menggandeng perancang busana negara asing.

Seperti yang dilakukan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Seoul, Korea Selatan.

KBRI mempromosikan batik lewat kolaborasi antara perancang busana Korea Selatan dengan label batik Iwan Tirta Private Collection asal Indonesia.

Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan Gandi Sulistiyanto mengatakan Indonesia bisa mempromosikan sektor ekonomi kreatif dan budaya di Negeri Ginseng.

"Kolaborasi ini mencerminkan batik tidak hanya sebagai warisan budaya bangsa tetapi juga wearable arts dan produk kreatif yang menerima sambutan hangat dari masyarakat Korea Selatan," ujar Gandi, Jumat (12/8).

Kerja bareng perancang Korsel dan merek batik Indonesia untuk pertama kalinya dan difasilitasi oleh KBRI Seoul itu juga diharapkan dapat menciptakan peluang kerja bagi talenta muda Indonesia dan Korea Selatan.

Perancang busana Korsel Kim Seo Ryong dalam kesempatan itu menampilkan karya-karya bermotif batik melalui koleksi terbarunya bertajuk "Resort Collection 2022/23". Karyanya muncul dalam berbagai potongan mulai dari bomber jacket, flare pants, jas, hingga long coat.

Sang perancang memilih motif-motif Nusantara bernuansa cerah karena memiliki kesan tak lekang waktu (timeless) dan sesuai untuk kalangan mapan di Korea Selatan.

KBRI mempromosikan batik lewat kolaborasi antara perancang busana Korea Selatan
Facebook JPNN.com Sultra Twitter JPNN.com Sultra Pinterest JPNN.com Sultra Linkedin JPNN.com Sultra Flipboard JPNN.com Sultra Line JPNN.com Sultra JPNN.com Sultra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia