Seluruh Kecamatan di Kota Makassar Kembali Melayani Pembuatan E-KTP

Selasa, 20 September 2022 – 13:40 WIB
Seluruh Kecamatan di Kota Makassar Kembali Melayani Pembuatan E-KTP - JPNN.com Sultra
Seluruh Kecamatan di Kota Makassar Kembali Melayani Pembuatan E-KTP. Foto Antara

sultra.jpnn.com, MAKASSAR - Sempat terhenti, pelayanan pembuatan e-KTP kembali dibuka di seluruh kecamatan di Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan.

Pembukaan pelayanan perekaman data dan pencetakan e-KTP bagi masyarakat setelah blanko tersedia.

Kepala Disdukcapil Kota Makassar Muh Hatim mengatakan pelayanan pembuatan KTP-el untuk warga di 15 kecamatan sempat terhenti karena blanko tidak tersedia.

"(Blanko) Sudah aman. Jadi, kami aktifkan kembali pelayanan pembuatan KTP di 15 kecamatan di Makassar," katanya Hatim di Makassar, Senin (19/9).

Dia menambahkan pelayanan perekaman data dan pembuatan KTP-el kini dapat dilakukan di kantor kecamatan, sehingga masyarakat tidak perlu lagi harus mendatangi Kantor Disdukcapil Kota Makassar jika ingin membuat KTP baru atau pencetakan KTP pengganti.

Dia menjelaskan keterbatasan blanko KTP-el tersebut karena pihaknya mendapatkan pengiriman blanko dengan jumlah lebih sedikit dari permintaan. Disdukcapil Kota Makassar mengajukan permohonan penambahan blanko sebanyak 16.000 per bulan, namun terkadang hanya mendapatkan 5.000-an blanko dari pusat.

Masyarakat yang telah mengajukan permintaan pembuatan KTP-el dapat mengambil di kantor kecamatan masing-masing, sebab selama ini banyak KTP yang sudah dicetak namun tidak diambil oleh pemiliknya.

"Jadi, pembuatan KTP sudah bisa kembali dilakukan di kecamatan dan tidak perlu harus di Kantor Disdukcapil Makassar," ujarnya. (ant/jpnn)

Sempat terhenti, pelayanan pembuatan e-KTP kembali dibuka di seluruh kecamatan di Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan.

Redaktur & Reporter : Arwan Mannaungeng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News