Cara Menyeduh Kopi tanpa Mengurangi Khasiatnya

Kamis, 06 Oktober 2022 – 15:14 WIB
Cara Menyeduh Kopi tanpa Mengurangi Khasiatnya - JPNN.com Sultra
Cara Menyeduh Kopi tanpa Mengurangi Khasiatnya. Foto Antara

sultra.jpnn.com, JAKARTA - Ada banyak cara menyeduh kopi untuk menikmati sensasi dan aromanya. Namun, cara itu belum tentu sesuai dengan khasiat yang diinginkan.

Seperti penjelasan dari dr Dedyanto Henky Saputra, M.Gizi, AIFO-K. Menurutnya, cara menyeduh kopi paling mudah yakni dengan air panas tanpa menambahkan gula atau susu kental manis agar tidak menurunkan khasiat kopi.

Pria yang menjabat sebagai Medical General Manager PT Kalbe Farma Tbk itu menjelaskan campuran gula atau SKM dapat mengurangi jumlah antioksidan yang diserap oleh tubuh dan akan menambah bobot kalori.

"Manfaat minum kopi untuk kesehatan justru menjadi bumerang untuk orang-orang yang memiliki berat badan berlebih, obesitas, atau dengan diabetes melitus," kata Dokter Dedyanto dalam keterangan tertulisnya Rabu, (5/10).

Dedy mengatakan orang-orang juga perlu memperhatikan porsi kopi yang diminum. Menurut rekomendasi, dalam satu hari sebaiknya orang tidak lebih dari 400 mg kafein atau setara dengan tiga cangkir kopi.

"Bukan gelas ya, karena kalau gelas itu sudah lebih dari cangkir. Tetapi manusia itu tidak ada yang sama, kita yang bersaudara saja punya karakteristik yang berbeda,” kata Dedy.

Dia menuturkan bisa saja seseorang pada saat minum tiga cangkir kopi mendapatkan manfaat kesehatan, tetapi orang lain saat minum dalam jumlah sama justru naik tekanan darahnya atau risiko serangan jantung meningkat.

“Sebetulnya kopi itu masuk kategori minuman sehat, tetapi dengan syarat. Disajikannya harus benar, porsinya harus sesuai masing-masing individu, dan diminum oleh orang yang tepat,” ujar dia.

Ada banyak cara menyeduh kopi untuk menikmati sensasi dan aromanya.
Facebook JPNN.com Sultra Twitter JPNN.com Sultra Pinterest JPNN.com Sultra Linkedin JPNN.com Sultra Flipboard JPNN.com Sultra Line JPNN.com Sultra JPNN.com Sultra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia