Koltim Layak Menjadi Percontohan Daerah Pencegahan Kemiskinan

Kamis, 03 November 2022 – 07:36 WIB
Koltim Layak Menjadi Percontohan Daerah Pencegahan Kemiskinan - JPNN.com Sultra
Koltim Layak Menjadi Percontohan Daerah Pencegahan Kemiskinan. Foto Antara

sultra.jpnn.com, KOLAKA TIMUR - Kabupaten Kolakan Timur Provinsi Sulawesi Tenggara menjadi perhatian. Daerah yang kini dipimpin Abdul Azis itu dianggap layak menjadi percontohan daerah yang mampu mencegah kemiskinan.

Pernyataan itu disamapikan Tim Pencegahan Kemiskinan Ekstrim (PKE) Sekretariat Wakil Presiden saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Kolaka Timur (Koltim).

Anggota Tim PKE Sekretariat Wapres, Priyambudi menyatakan bahwa Koltim merupakan percontohan penanganan kemiskinan ekstrim di wilayah Sulawesi.

"Yang jelas kami dari pusat ingin belajar mengenai upaya kearifan lokal yang dilakukan oleh masyarakat sekitar, bagaimana cara mereka mengatasi kemiskinan dengan cara dan metode yang ada," Priyambudi saat berada di Desa Aladadio dan Pekorea, Kecamatan Aere, Kolaka Timur, Rabu (2/11).

Priyambudi menjelaskan kegiatan yang dilakukan tersebut itu untuk belajar mengenai kearifan lokal yang dilakukan masyarakat, dalam mengatasi kemiskinan dengan cara dan metode yang telah ada melalui pendampingan pihak swasta atau di luar dari pemerintah.

"Jadi di sini kami melihat ada beberapa sektor yang bisa menurunkan angka kemiskinan ini, diantaranya sektor pertanian dan ini terlihat bagaimana sektor pertanian berkontribusi besar bagi pembangunan daerah, jadi setiap daerah memiliki keunikan tersendiri, jadi yang penting dari kunjungan kita ini adalah apa yang kita lihat didaerah tersebut," kata Priyambudi dalam keterangan tertulis yang diterima.

Sementara itu, Plt Bupati Kolaka Timur Abdul Azis mengapresiasi langkah yang dilakukan Tim PKE Sekretariat Wapres untuk melihat langsung kondisi penanganan kemiskinan ekstrim di Kolaka Timur serta siap melakukan upaya menurunkan angka kemiskinan ekstrim khususnya di Kecamatan Aere.

"Kita berharap berharap dengan kunjungan Tim PKE Sekretariat Wapres ini, bisa lebih cepat menurunkan angka kemiskinan ekstrim di Kolaka Timur yang masih tercatat 20 persen," katanya.

Kolaka Timur (Koltim) layak menjadi percontohan daerah yang mampu mencegah kemiskinan.
Facebook JPNN.com Sultra Twitter JPNN.com Sultra Pinterest JPNN.com Sultra Linkedin JPNN.com Sultra Flipboard JPNN.com Sultra Line JPNN.com Sultra JPNN.com Sultra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia