Awal Puasa Muhammadiyah Bersamaan Negara Timur Tengah

Sabtu, 02 April 2022 – 05:49 WIB
Awal Puasa Muhammadiyah Bersamaan Negara Timur Tengah - JPNN.com Sultra
Awal Puasa Muhammadiyah Bersamaan Negara Timur Tengah. Foto Morocco News Worl.

sultra.jpnn.com, KENDARI - Awal puasa Muhammadiyah bersamaan dengan negara-negara Timur Tengah seperti Arab Saudi, Kuwait, Afghanistan. Muhammadiyah dan negeri-negeri islam lainnya sudah puasa hari ini, Sabtu (2/4).

Awal puasa 1 Ramadan 1443 Hijriah ditandai dengan terlihatnya hilal di negara-negara tersebut. Astronom Kuwait Adil Al-Marzouq mengatakan 1 Ramadan jatuh pada Sabtu 2 April 2022.

Sementara untuk 1 Syawal atau hari lebaran pada tangga 2 Mei 2022. Hitungan ini didasarkan pada hilal yang tidak akan terlihat bulan Syawal pada 1 Mei karena akan terbenam 17 menit sebelum matahari terbenam.

"Ramadan akan berlangsung selama 30 hari dan Idul Fitri akan jatuh pada 2 Mei di Kuwait," kata Adil Al-Marzouq seperti yang dilansir Morocco Worl News.

Astronom Kuwait itu juga mencatat bahwa durasi hari pertama puasa Ramadhan diperkirakan 14 jam 53 menit di negara Timur Tengah.

Demikian halnya di Arab Saudi. Komite pemantauan penampakan bulan Kerajaan Arab Saudi mengumumkan pada Jumat bahwa puasa pertama bulan Ramadhan jatuh pada Sabtu, 2 April 2022.

Tarawih di Arab Saudi sudah dilakukan pada Jumat 1 April, setelah salat Isya. Karena dalam penaggalan kamariah yang menjadi kalender islam, penghitungan hari diawali dengan terbenamnya matahari.

Jauh hari sebelumnya, Pengurus Pusat Muhammadiyah sudah mengumumkan bahwa 1 Ramadan 1443 Hijriah jatuh pada Sabtu 2 April 2022. Sebagian daerah di Jakarta sudah menggelar salat tarawih, Jumat (1/4) malam. Sedangkan pemerintah melalui Kementerian Agama menetapkan 1 Ramadan pada Minggu 3 April 2022. 

Awal puasa Muhammadiyah bersamaan dengan negara-negara Timur Tengah seperti Arab Saudi, Kuwait, Afghanistan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia