Sosok Egianus Kogoya, Pemimpin KKB Papua Penyerang Lettu Marinir Iqbal yang Dikenal Sadis

Selasa, 05 April 2022 – 08:28 WIB
Sosok Egianus Kogoya, Pemimpin KKB Papua Penyerang Lettu Marinir Iqbal yang Dikenal Sadis - JPNN.com Sultra
Sosok Egianus Kogoya, Pemimpin KKB Papua Penyerang Lettu Marinir Iqbal yang Dikenal Sadis. Foto Facebook

sultra.jpnn.com, JAKARTA - Sosok Egianus Kogoya, salah satu pemimpin Kelompok Kriminal Bersenjata Papua dikenal sadis dan brutal. Satu bentuk kesadisannya ketika menyerang Satgas Marinir Perikanan Quari Bawah oleh Kelompok Egianus Kogoya, Sabtu (26/3) sore.

Dua personel TNI AL yakni Letda Muhammad Ikbal dan Pratu Wison Anderson Here tewas. Sedangkan 8 prajurit TNI lainnya yang mengalami luka serius dan kini telah mendapatkan perawatan medis.

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya sudah beberapa kali melakukan aksi penyerangan terhadap pasukan TNI dan Polri di Papua.

JPNN melaporkan, basis kekuatan KKB yang dipimpin pemuda berusia 23 tahun itu dikenal di wilayah Kabupaten Nduga, Papua. Nama Egianus Kogoya mencuat setelah kelompok tersebut melakukan pembantaian terhadap 17 karyawan PT Istaka karya pada 2018 lalu.

Kelompok Egianus dikenal sadis dan kejam. Mereka tidak segan membunuh setiap orang yang dianggap menjadi mata-mata. Egianus Kogoya merupakan sosok pembunuh berdarah dingin yang lahir dari keluarga pro Papua merdeka.

Ayah Egianus adalah Silas Kogoya yang merupakan salah satu tokoh kelompok pro Papua merdeka di Mapenduma yang sangat disegani. Meski cukup muda, Egianus menjadi salah satu dari sekian banyak orang yang dicari aparat penegak hukum Republik Indonesia.

Sebelum mendirikan kelompok militer sendiri, Egianus Kogoya cs pernah bergabung dengan kelompok dari pimpinan Goliath Tabuni di Puncak Jaya.

1. Persenjataan KKB pimpinan Egianus Kogoya

Berdasarkan identifikasi pihak kepolisian, senjata yang dimiliki kelompok Egianus mencapai belasan pucuk.

Sosok Egianus Kogoya salah satu pemimpin KKB Papua yang menyerang Lettu Marinir Iqbal dikenal Sadis. Usianya masih muda tapi saat beraksi sangat kejam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia