Peringatan Dini BMKG, Waspadai Gelombang Setinggi 6 Meter di Perairan Sultra

Minggu, 26 Juni 2022 – 06:02 WIB
Peringatan Dini BMKG, Waspadai Gelombang Setinggi 6 Meter di Perairan Sultra - JPNN.com Sultra
Peringatan Dini BMKG, Waspadai Gelombang Setinggi 6 Meter di Perairan Sultra. Ilustrasi Antara

sultra.jpnn.com, KENDARI -  


Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini kepada seluruh pelaku pelayaran di perairan Sulawesi Tenggara.

Potensi gelombang air laut setinggi 1,5 meter hingga mencapai 6 meter patut diwaspadai.

Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Klas II Kendari Sugeng Widarko mengatakan berdasarkan hasil analisa pihaknya, tinggi gelombang di perairan Sultra mencapai 1,5 sampai 4 meter bahkan pada wilayah perairan tertentu tinggi gelombang bisa mencapai 6 meter utamanya pada 28 Juni mendatang.

"Tinggi gelombang 4-6 meter kategori gelombang sangat tinggi berpotensi terjadi di wilayah Laut Banda Timur Sultra bagian utara, timur, barat dan selatan dan perairan utara Wakatobi bagian timur pada 28 Juni 2022," kata Sugeng dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (25/6).

BMKG mengidentifikasi adanya potensi peningkatan curah hujan dan tinggi gelombang dalam tiga hari ke depan di sebagian wilayah kabupaten/kota dan perairan Sulawesi Tenggara.

Kondisi tersebut dipicu oleh peningkatan aktivitas dinamika atmosfer seperti adanya indek SOI dan ENSO signifikan (Lanina Moderate) dan massa udara basah lapisan rendah terkonsentrasi di wilayah Sulawesi Tenggara sampai lapisan 700 mb mencapai 70 - 90 persen.

Selanjutnya, indeks labilitas yang bernilai signifikan dan pola konvektif skala lokal di wilayah Sulawesi Tenggara, beserta hangatnya suhu muka laut sehingga menambah pasokan uap air cukup tinggi untuk mendukung pembentukan awan hujan cukup tinggi di wilayah provinsi tersebut.

Potensi gelombang air laut setinggi 1,5 meter hingga mencapai 6 meter di perairan Sultra patut diwaspadai.
Facebook JPNN.com Sultra Twitter JPNN.com Sultra Pinterest JPNN.com Sultra Linkedin JPNN.com Sultra Flipboard JPNN.com Sultra Line JPNN.com Sultra JPNN.com Sultra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia