Ekspor Sudah Langsung dari Pelabuhan Kendari, Dampaknya Sungguh Positif

Rabu, 27 Juli 2022 – 05:08 WIB
Ekspor Sudah Langsung dari Pelabuhan Kendari, Dampaknya Sungguh Positif - JPNN.com Sultra
Ekspor Sudah Langsung dari Pelabuhan Kendari, Dampaknya Sungguh Positif. Foto Antara

sultra.jpnn.com, KENDARI - Pengiriman barang ke luar negeri kini sudah bisa dilakukan dari Pelabuhan Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Proses ekspor dari Pelabuhan Kendari ke negara tujuan ternyata berdampak positif pada pertumbuhan target tahun dari sebelumnya.

Kantor Pengawasan Dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) menyebutkan secara umum nilai ekspor Sultra hingga Juni 2022 terus bertumbuh.

"Kinerja devisa ekspor kami yang tercatat di dalam kantor pelayanan Bea dan Cukai Kendari cukup positif, apalagi kegiatan ekspor Sultra itu sudah dapat dilakukan dari pelabuhan Kendari langsung dengan beberapa negara tujuan," ujar Kepala KPPBC Kendari Purwatmo Hadi Waluja di Kendari, Selasa (26/7).

Ia menyebutkan, berdasarkan data yang dimiliki untuk nilai devisa ekspor Sultra pada Juni 2022 mengalami peningkatan sebesar 441.570 juta dolar AS lebih atau naik 2 persen dibanding bulan yang sama di tahun 2021 yang tercatat mencapai 432,672 juta dolar lebih.

"Jadi untuk devisa ekspor kita di Sultra secara keseluruhan berdasarkan catatan hingga semester I Juni 2022 telah terealisasi mencapai 2.639 juta dolar lebih dan masih di dominasi dari sektor pertambangan," ujarnya.

Menurut Purwatmo Hadi Waluja, sedangkan untuk nilai devisa impor Sultra pada semester yang sama Juni sedikit mengalami fluktuatif dan juga mengalami kenaikan namun tidak sebesar kenaikan devisa ekspor.

"Bila kita kalikan laju impor sampai akhir tahun itu dibandingkan dengan realisasi tahun 2021 bedanya sangat sedikit dimana realisasinya Rp2,3 miliar jika di bandingkan nilai ekspor yang cukup besar," ungkapnya.

Proses ekspor dari Pelabuhan Kendari ke negara tujuan ternyata berdampak positif pada pertumbuhan target dari tahun sebelumnya.
Facebook JPNN.com Sultra Twitter JPNN.com Sultra Pinterest JPNN.com Sultra Linkedin JPNN.com Sultra Flipboard JPNN.com Sultra Line JPNN.com Sultra JPNN.com Sultra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia