Tarian Lumense Asal Bombana Akan Meriahkan Perayaan HUT RI 2022 di Istana

Senin, 01 Agustus 2022 – 19:19 WIB
Tarian Lumense Asal Bombana Akan Meriahkan Perayaan HUT RI 2022 di Istana  - JPNN.com Sultra
Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulawesi Tenggara, Asrun Lio. Foto dok

sultra.jpnn.com, KENDARI - Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulawesi Tenggara, Asrun Lio mengatakan salah satu tarian adat dari Sultra bakal dipertunjukkan pada perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke -77 Republik Indonesia (RI) di Istana pada 17 Agustus 2022 mendatang.

Asrun mengatakan tarian tersebut, yakni Tari Lumense asal Kabupaten Bombana. Tarian itu bakal dipertontonkan berdasarkan surat dari Kementrian Sekretariat Negara (Kemensetneg) RI tertanggal 15 Juni 2022 lalu.

Dari hasil penilaian kurator tari bahwa Tari Lumense asal Bombana, Sultra merupakan salah satu tarian yang dinilai layak untuk tampil di puncak perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-77. 

"Kami diminta untuk menampilkan Tarian Lumense, sebelum upacara penaikan Bendera Merah Putih di HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus 2022," ucap Asrun Lio, Senin (1/8).

Ia mengungkapkan akan memberangkatkan sebanyak 100 penari Lumense pada 14 Agustus mendatang. Kini 100 penari tersebut masih terus melakukan persiapan dan latihan untuk mempersembahkan yang terbaik dihari Kemerdekaan RI.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra itu juga menuturkan dengan terpilihnya Tari Lumense, merupakan satu kebanggaan untuk Sultra dan lebih terkhusus buat masyarakat Bombana.

Asrun Lio juga mengungkapkan hal ini merupakan kali pertama untuk Tari Lumense diberi kesempatan untuk tampil pada acara perayaan HUT ke-77 RI tahun 2022. 

"Setahu saya ini baru pertama kali, Tari Lumense akan tampil di Istana. Mungkin saja ada tarian lain asal Sultra yang pernah tampil di Istana," pungkasnya. (mcr6/jpnn)

Tari Lumense asal Kabupaten Bomban dipercayakan untuk memeriahkan HUT ke-77 RI di Istana Merdeka.

Redaktur : Arwan Mannaungeng
Reporter : La Ode Muh. Deden Saputra

Facebook JPNN.com Sultra Twitter JPNN.com Sultra Pinterest JPNN.com Sultra Linkedin JPNN.com Sultra Flipboard JPNN.com Sultra Line JPNN.com Sultra JPNN.com Sultra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia