Gubernur Ali Mazi Tolak Lantik Penjabat Bupati Pilihan Kemendagri, Tiga Kabupetan di Sultra Dipimpin Plh

Senin, 23 Mei 2022 – 09:07 WIB
Gubernur Ali Mazi Tolak Lantik Penjabat Bupati Pilihan Kemendagri, Tiga Kabupetan di Sultra Dipimpin Plh - JPNN.com Sultra
Kepala Dinas Kominfo Sultra Ridwan Badallah. Foto Humas Pemprov Sultra

sultra.jpnn.com, KENDARI - Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi menolak melantik penjabat bupati. Pemerintah Provinsi Sultra memilih melakukan klarifikasi dulu ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendegari) sebelum melakukan pelantikan.

Alasannya, Surat Keputusan Kemendagri tidak mengakomodir pertimbangan Pemprov Sultra yang mengusulan nama-nama yang akan menjabat di tiga kabupaten yang masa jabatan kepala daerahnya berakhir tanggal 22 Mei 2022.

Kepala Dinas Kominfo Sultra Ridwan Badallah mengatakan Gubernur Sultra Ali Mazi sudah mengagendakan pelantikan Wakil Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse menjadi wali kota definitif di Rumah Jabatan Gubernur di Kendari, Senin (23/5) hari ini. 

Rencananya agenda pelantikan itu bersamaan dengan tiga penjabat bupati. Karena alasan masih menunggu klarifikasi dari Kemendagri, maka pelantikan Wakil Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse menjadi Wali Kota definitif yang akan digelar. 

"Jadi, untuk Bupati di tiga daerah yang masa jabatannya telah habis akan diisi oleh masing-masing Sekretaris Daerah (Sekda) sebagai Pelaksana Harian (Plh)," ucap Ridwan Badallah kepada JPNN.com melalui pesan WhatsApp, Minggu (22/5).

Ia mengungkapkan penundaan pelantikan terhadap tiga Pj dari Mendagri, Ali Mazi bakal mengonsultasikan terlebih dahulu ke Mendagri karena dua nama di antaranya bukan merupakan usulannya.

Selain itu, Ridwan juga menyebutkan masa jabatan ketiga Plh tersebut selama tujuh hari.

"Jika belum ada pelantikan Pj, maka ketiga Plh itu akan diperpanjang selama tujuh hari lagi," katanya.

Surat Keputusan Kemendagri tidak mengakomodir pertimbangan Pemprov Sultra yang mengusulan nama-nama yang akan menjabat di tiga kabupaten

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News