Dijatah, hanya 60 Napi Narkoba Direhabilitasi

Sabtu, 09 Juli 2022 – 04:18 WIB
Dijatah, hanya 60 Napi Narkoba Direhabilitasi - JPNN.com Sultra
Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Sultra Muslim. Foto Antara

sultra.jpnn.com, KENDARI - Ada 1.219 napi narkoba yang menjadi warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) IIA Kendari Provinsi Sulawesi Selatan. Namun hanya 60 napi yang ikut direhabilitasi karena dijatah dari Kemenkumham.

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tenggara menyebut sebanyak 60 narapidana narkoba di Lapas Kelas IIA Kendari telah menjalani rehabilitasi agar bisa terlepas dari ketergantungan obat-obat terlarang.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Sultra Muslim di Kendari, Kamis (7/7) mengatakan puluhan narapidana narkoba tersebut telah selesai menjalani masa rehabilitasi selama enam bulan di dalam Lapas Kelas IIA Kendari.

"Mereka (narapidana narkoba) menjalani rehabilitasi itu sejak awal Januari 2022 dan selesai di awal Juli 2022. Jadi pas enam bulan diikuti oleh 60 orang, dan Alhamdulillah ditutup dalam keadaan lengkap 60 orang," katanya.

Dia berharap dengan menjalani rehabilitasi dapat memberikan edukasi dan pemahaman kepada warga binaan agar dapat terbebas dari bahaya narkotika serta membentuk WBP menjadi pribadi yang lebih bertanggung jawab serta mengutamakan kejujuran.

"Semoga dengan mereka menjalani rehabilitasi ini, setelah keluar menyelesaikan masa pidananya, mereka tidak terlibat lagi terhadap hal-hal yang melanggar hukum utamanya masalah narkoba," ujar dia.

Dia menjelaskan, jumlah warga binaan khususnya di Lapas Kelas IIA Kendari yang menjalani rehabilitasi hanya 60 orang karena sesuai jatah yang diberikan Kemenkumham pusat.

Kata Muslim, dari 3.172 warga binaan saat ini, 1.219 napi dan tahanan atau 38 persen di antaranya terjerat kasus narkoba, sedangkan sisanya terlibat perkara pencurian, perampokan, penganiayaan, dan tindak pidana lain.

Namun hanya 60 napi narkoba yang ikut direhabilitasi karena dijatah dari Kemenkumham.
Facebook JPNN.com Sultra Twitter JPNN.com Sultra Pinterest JPNN.com Sultra Linkedin JPNN.com Sultra Flipboard JPNN.com Sultra Line JPNN.com Sultra JPNN.com Sultra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia